Monday, August 31, 2015

Memupuk Nasionalisme sejak Kecil

Hai...sudah lama sekali saya tidak posting dan menengok blog ini..hiks ga bisa atur waktu sama pekerjaan.
Padahal niatnya komit selalu update..tapi ternyata tidak semudah itu. Alhasil sudah sebulan ini,baru posting lagi. Bahkan tema-nya juga agak basi ya....hiks..tutup muka :( cos bulan agustus sudah mau berlalu .tapi late better than never...#apalah englishnya ngaco..
Meskipun tanggal 17 Agustus sudah lewat...tetapi saya sharing sedikit tentang Moment HUT RI ke 70 ini. Tidak jauh jauh dari aktivitas caca dan nely juga sih. Meskipun hal sederhana tetapi bagiku ini dapat memupuk rasa nasionalisme lho....
Biasanya apa aja sih kegiatan yang diadakan menyambut hari kemerdekaan? Antara lain lomba lomba kan...yang paling sering kalau di kampungku dulu...eh sampe sekarang masih; lomba panjat pinang,balap karung,makan kerupuk ,sepeda hias dll.
Tahun ini nely masuk kelas 1 SD dan di awal-awal masuk nely sempat mogok ga mau sekolah. Bahkan setiap pagi menangis dan ga mau masuk kelas..kutanya,katanya cape pulang sore...duh kacian..mungkin karena belum terbiasa sih. Tetapi ada hal yang membuat nely mendadak semangat sekolah..yaitu menjelang 17 agustus ..di sekolah mengadakan serangkaian lomba antara lain :

1. Lomba fashion show dari barang bekas
Ini salah satu lomba yang membuat nely semangat sekolah. Sebenarnya ini perwakilan 1 orang per kelas..dan gurunya sudah terlanjur menunjuk siswa lain yang cukup percaya diri. Tetapi karena nely semangat kuajukan nely ikut lomba ini. Meskipun harus membuat kostum sendiri dari barang bekas dan ada temanya kemerdekaan..ditambah waktunya hanya 4 hari. Saya belum terbayang mau buat apa. Akhirnya saya memanfaatkan barang yang ada di rumah yaitu plastik kresek warna merah putih dan sedotan.
Dan akhirnya setelah pulang kerja, malam hari nya kita buat rame-rame, saya, nely, caca dan ayahnya. Mereka sangat antusias membantu ibunya, bahkan sampai jam 10 malam baru tidur.
ini dia hasilnya....













2. Lomba Baris Berbaris
Caca dan Nely ikut lomba baris berbaris, meskipun masih gerakan sederhana; seperti cara hormat yang benar, hadap kanan-kiri, rapikan atribut. Tetapi anak-anak semangat mengikutinya


3. Lomba Menyanyi Lagu Nasional
Dan ini yang membuatku terharu juga...karena mereka dapat menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Halo-Halo Bandung dengan benar. Meskipun hanya beberapa hari latihan. Saat Latihan menyanyi lagu Indonesia Raya di rumah, saya sempat mrebes, terharu...semoga saat mereka besar dapat menjadi kebanggaan bangsa ini. Amin











Selain mengikuti lomba-lomba , rasa nasionalisme juga dapat dipupuk sejak dini dengan cara :
1. Sehari-hari komunikasi menggunakan bahasa Indonesia
Banyak orangtua modern sekarang, bahasa sehari-hari di rumah menggunakan bahasa Inggris. Itu boleh saja sih, asalkan ga lupa sama bahasa kita sendiri.
2. Tidak melupakan asal-usul keluarga, misalkan suku dan kebudayaan orangtuanya
Dengan menanamkan cinta budaya sendiri akan menumbuhkan rasa nasionalisme. Sebagai contoh anak saya; meskipun lahir dan besar di Jakarta, sebisa mungkin di ajarkan bahasa jawa. Cos ibunya asli jawa  :)
3. Mengajarkan permainan tradisional
Ini nih yang agak sulit, cos anak-anak jaman sekarang sukanya gadget, dan permainan modern. Yang terjadi sama anakku begitu, tetapi di rumah ada papan "congklak". Permainan saya saat kecil, kadang kala kita mainkan bersama caca-nely
4. Liburan edukasi ke Museum-Museum
Mungkin kita dapat membiasakan liburan tidak selalu ke tempat mewah atau mahal. Cukup mengunjungi museum-museum yang dapat menambah wawasan kebangsaan anak-anak. Karena kebetulan rumah kita dekat, kami sering kali ke TMII, dan disana banyak museum yang dapat di kunjungi

Semoga dengan memupuk rasa nasionalisme sejak dini, saat remaja nantinya tidak akan mudah tergerus jaman, dan berbudaya kebarat-baratan akhirnya melupakan jatidiri bangsa sendiri.

Maaf banget postinganku singkat banget..ini mencuri waktu setengah jam sebelum pulang kerja..he..he

No comments:

Post a Comment