Thursday, July 16, 2015

Akankah Aku bertemu denganmu lagi ....Ramadhan

Tanpa sengaja kulihat kalender, hari ini adalah hari ke 29 bulan ramadhan 1436H. Sesaat hati ini terusik, sebentar lagi bulan yang penuh barokah ini berlalu. Berganti dengan bulan syawal..kata orang bulan kemenangan, tapi benarkah itu..??
Kulihat di TV sidang isbat menentukan bhwa besok hari jumat 17 juli 2015 adalah tanggal 1 syawal 1436 H atau hari raya idul fitri sebagai tanda berakhirnya puasa kita.
Sesaat kemudian takbir berkumandang di masjid,mushola saling bersahutan. Di iringi suara petasan dan kembang api yang menambah meriahnya malam ini. Ibu-ibu sudah sejak siang hari mempersiapkan ketupat,rendang atau opor ayah sebagai makanan tradisi lebaran. Orang-orang di perantauan mudik k kampung halaman, seperti juga denganku,yang saat ini sedang ditempat mertua, utk kemudian besok siang bertolak kampung ibuku.
Sungguh..kelihatan semua orang bergembira malam ini.
Tetapi kenapa denganku ?? Seolah ak tidak bisa segembira mereka..bahkan saat berkumandang adzan magrib tadi sore sebagai waktu berbuka puasa tiba, hatiku menangis, airmataku tak terasa meleleh..
Aku seolah belum siap untuk engkau tinggalkan,..atau ak sebenarnya yg juga akan meninggalkanmu?  Mengapa di penghujung pertemuanku denganmu, baru aku menyadari begtu berartinya dirimu buatku. Begitu banyak yang belum kulakukan, aku masih terbuai dengan gemerlapnya dunia, yang sebenarnya kutahu hanya sementara.
Akankah aku bertemu denganmu kembali..akankah ikatan kita tetap kuat selama perpisahan ini..hingga aku masih bisa mendekapmu nantinya ?
Meskipun hadirmu hanya sesaat, tapi sangat membekas di hatiku. Semoga dengan kebersamaanmu yang sesaat ini dapat membuat hidupku lebih berarti, semoga keindahan yang kujalani bersamamu slama 29hari ini dapat mengantarkanku menjadi hamba yang lebih baik.

Do'a Akhir Ramadhan:
Ya Allah, janganlah Engkau jadikan puasa ini sebagai puasa yang terakhir dalam hidupku. Seandainya Engkau berketetapan sebaliknya, maka jadikanlah puasaku ini sebagai puasa yang dirahmati, bukan puasa yang sia-sia. Seandainya masih ada padaku dosa yang belum Kau ampuni atau dosa yang menyebabkan aku disiksa karenanya, sampai terbitnya fajar malam ini atau sampai berlalunya bulan ini, maka ampunilah semuanya wahai Zat Yang Paling Pengasih dari semua yang mengasihi. Ya Allah, terimalah puasaku dengan sebaik- baik penerimaan, perkenan, maaf, kemurahan, pengampunan, dan hakikat keridhaanMu. Sehingga Kau memenangkan aku dengan segala kebaikan yang dituntut, segala anugerah yang Kau curahkan di bulan ini. Selamatkanlah aku di dalamnya dari kebimbangan terhadap bencana yang mengancam atau dosa yang terus-menerus.
Demikian pula, dengan rahmatMu golongkanlah aku ke dalam orang-orang yang mendapatkan (keutamaan) malam al-Qadar. Malam yang telah Kau tetapkan lebih baik dari seribu bulan dalam keagungan ganjaran, kemuliaan perbendaharaan, keindahan syukur, panjang umur, dan kemudahannya yang berkelanjutan. Semoga perpisahanku dengan bulan Ramadhan ini bukanlah perpisahan untuk selamanya dan bukan pula akhir pertemuanku dengannya. Sehingga aku dapat kembali bertemu pada tahun mendatang dalam keadaan penuh keluasan rezeki dan keutamaan harapan." Amin Ya Rabbal'alamin..


Taqabballohuminna waminkum shiyamana wa shiyamakum
Selamat hari raya idul fitri 1436H
Kami sekeluarga mohon maaf lahir batin

4 comments:

  1. Ramadhan itu memang selalu berkesan ya mbak..mohon maaf lahir dan batin juga ya mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, sama-sama mba, maaf lahir batin juga :)

      Delete
  2. Selalu berdoa dan berharap akan bertemu dengan Ramadhan di tahun berikutnya..

    Mohon maaf lahir dan batin yaaa, mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiin, semoga kita senantiasa dipertemukan dengan ramadhan..

      Delete