Wednesday, February 17, 2016

MATEMATIKA...?? AKU TIDAK SUKA ...(Curhatan Salsa)


source : http://img.eramuslim.co/
Hai...Mom...apakabar..?? sudah lama saya ga posting yah...

Waktu kita sekolah pelajaran apa yang paling sulit dan tidak kita sukai ?
Pada kebanyakan orang adalah Matematika, seperti saya, dari SD sampai SMA paling tidak suka matematika, mungkin karena tidak suka itu menjadi sulit ya...
Saya juga tidak tahu persis kenapa saya tidak suka, tetapi kalau sudah mendengar matematika, kepala saya bisa mendadak pusing. Dan setiap akan ujian akhir, waktu yang paling banyak kugunakan adalah untuk belajar matematika, meskipun hasilnya menurut saya tidak sebanding dengan lama belajarnya.
Bahkan ketika menjelang penjurusan di SMA, saya sengaja memilih jalur IPS, karena biar terhindar dari banyaknya pelajaran Matematika, Meskipun nilai-nilai rapor saya bisa masuk kelas IPA. Kalo jaman dulu anak IPA dilabelling "anak pintar" he..he.. (Apakah anak yang pintar matematika saja yang bisa dijuluki anak pintar ya...)
Tetapi strategi saya juga pas, karena di penjurusan IPS ini saya justru dapat prestasi sehingga dapat masuk ke perguruan tinggi negeri tanpa jalur tes, dan jurusan yang kupilih adalah ekonomi.

Dan rupanya, "penyakit" ini menular kepada anak saya Salsa yang duduk di kelas 2 SD. Setiap pulang sekolah kalau hari itu ada pelajaran matematika, Salsa sering lapor dengan wajah sedih, kalau ia tidak bisa mengerjakan. Atau kalau besok pagi ada kuis matematika, malamnya sudah gelisah duluan. ."Bu..aku takut besok ga bisa ngerjain matematika, susah sih..." begitu keluhan anaku.

Saya jadi kasihan kalau anak saya jadi malas ke sekolah, hanya karena merasa ga bisa matematika. Sebenarnya Salsa tergolong dalam batas rata-rata, nilai matematikanya di Rapor juga tidak terlalu jelek. Tetapi ia merasa ga bisa, jadi sering ngeluh.
Kemudian setiap akan tes matematika, saya ajarkan cara-cara yang lebih mudah dan kongkrit , sehingga Salsa dapat mengerjakan tes nya. Hanya saja sebenarnya Salsa sudah paham caranya, tetapi sering kali tidak fokus, sehingga jawabanya terkadang kurang tepat.

Bagi saya, tidak masalah nilai matematika Salsa tidak sebagus nilai lainnya, yang penting dia telah berusaha dan menjawab pertanyaan dengan jujur. Saya beranggapan bahwa setiap anak tidak harus menguasai matematika, asalkan dia sudah mengetahui dasar-dasarnya . Bukankah tidak semua anak mempunyai kecerdasan matematis atau angka, jadi bukan berarti yang tidak bisa matematika adalah anak yang tidak cerdas. Jadi saya tidak terlalu resah apabila Salsa nilai matematikanya tidak sesuai harapan.

Menurut Howard Gadner ada 8 Ranah kecerdasan yaitu :
  1. Cerdas  Bahasa
  2. Cerdas Angka
  3. Cerdas Gambar
  4. Cerdas Musik
  5. Cerdas Alam
  6. Cerdas Bergaul
  7. Cerdas Diri
  8. Cerdas Gerak 
Jadi Matematika adalah hanya satu dari delapan kecerdasan yang dimiliki, setiap anak pasti mempunyai minimal satu kecerdasan. Dan itu yang di kembangkan, jangan terlalu fokus kepada hambatan atau satu kekurangan
Seperti Salsa yang lebih menyukai gambar, jadi saya akan mendukung bakat Salsa. Hampir setiap hari di rumah selalu menggambar atau mewarnai. Entah sudah berapa kertas dihabiskan atau berapa box crayon di beli untuk mendukung bakat anak. Kalau sudah melakukan kegiatan menggambar atau mewarnai ini, Salsa paling tidak bisa diganggu, Bahkan terkadang di sekolah, saat pelajaran menggambar, selalu membuat dengan sebaik-baiknya menurut dia, meskipun harus menambah waktu. Bagi Salsa kalau belum selesai gambar, tidak akan berhenti . Dan kata gurunya gambar Salsa itu lumayan bagus di antara temen-temennya

Beberapa hasil coretan Salsa :



















Kalau menurut saya, ibunya yang tidak bisa gambar sama sekali, bahkan menarik garis saja , saya tidak lurus. Gambar anak saya sudah lumayan untuk anak seusianya, mengingat dulu saya hanya dapat menggambar 1 hal yaitu pemandangan gunung beserta sawahnya...masih inget setiap pelajaran menggambar dari SD sampe SMA nilainya hanya batas minimal 6 atau 7  :)

Alhamdulillah anak saya jauh lebih baik menggambarnya daripada ibunya dulu he..he..
Jadi buat emak-emak yang biasanya sering setress, karena anaknya ga bisa di satu bidang tertentu, Galilah potensi yang lain, karena setiap anak pasti mempunyai kecerdasan. Tugas kita orangtua dan sekolah adalah menggali dan temukan potensi tersebut untuk terus di kembangkan.

Sekian Curhatan Salsa dan Ibunya




6 comments:

  1. dl sukaaaa bgt. skrg? dikit lupa gara2 gak sekolah

    ReplyDelete
  2. setuju mak, idem, maksimalkn bakat si kecil sambil ttp mmbntu kekurangan si kecil,
    gambar si kecil memang bagus2 mak

    ReplyDelete
  3. Hehehee sama kayak widya mbak. Widya juga ga suka pelajaran matematika :p

    ReplyDelete
  4. gpp kalo g suka, masih banyak hal lain yg bisa dipelajari kok hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya termasuk yang mempelajari hal lain selain matematika nih :D

      Delete
  5. saya malah tidak suka matetematika tapi malah masuk jurusan tink ._.

    ReplyDelete