Friday, January 1, 2016

KEINDAHAN PANTAI DI KEBUMEN YANG TERSEMBUNYI

Hallo...Traveler..

Masih dalam suasana liburan kan...Liburan Natal, Liburan Tahun Baru atau Liburan Sekolah....biasanya kemana nih tujuan wisatanya. ada yang suka ke pantai ?
Liburan kemarin saya dan keluarga pulang kampung dan menyempatkan jalan-jalan di kebumen. Dan seperti biasanya wisata yang di kunjungi adalah Pantai.
Kebumen memang banyak mempunyai pantai yang indah, karena letaknya di pesisir samudera Hindia. Beberapa pantai yang sudah dikenal masyarakat umum, antara lain pantai Ayah, Pantai Karang Bolong, Pantai Petanahan , Tetapi ada beberapa pantai yang belum dikenal luas oleh masyarakat di luar kebumen, padahal pantainya indah lho...

Berikut beberapa lokasi wisata pantai yang masih tersembunyi dan perlu di kunjungi :


1. Pantai Bocor
   
   Pantai Bocor atau dikenal juga dengan nama Pantai Setrojenar (nama desa ) terletak di selatan kota kebumen kurang lebih 10 km dari kota. Pantai ini bukanlah destinasi wisata baru, bahkan sudah ada sejak saya masih kecil. Dulu saat masih kecil, pantai ini hanya dikunjungi saat hari lebaran ke-dua. Ini sudah menjadi tradisi turun temurun di masyarakat sekitarnya. Seolah belum sah kalau belum ke pantai di hari kedua lebaran.
Saya masih ingat, saat lebaran kami akan naik gerobak yang ditarik kuda dengan dihiasi pernak-pernik lebaran seperti janur kuning, kebetulan rumah saya tidak jauh dari pantai ini jadi dengan naik sepeda atau kereta kuda akan nyampe, meskipun membutuhkan waktu kurang lebih satu jam. tetapi suasana kegembiraan kami menghilangkan rasa capai kami. Memang pada saat itu belum banyak kendaraan bermotor, jadi sebagian besar untuk menuju pantai dengan jalan kaki, naik sepeda,naik gerobak atau motor. Suasana pantai yang indah dan masih asli memang selalu menarik minat kami masyarakat kebumen, hingga saat ini.
Kalau dulu untuk masuk ke lokasi pantai gratis, tidak ada biaya apapun termasuk parkir, sekarang ada biaya parkir, meskipun masih tergolong murah, untuk motor dikenakan biaya 2000, sedangkan mobil 5000. Kita juga bisa langsung parkir di dekat pantai tidak jauh dari air lautnya, kalau dulu harus jalan lumayan jauh, karena parkir kendaraan agak jauh.
Demikian juga hiburannya, kalau dulu hanya wisata kuliner, seperti pecel, rempeyek atau menunggang kuda saja, Sekarang sudah banyak variasinya, antara lain :

  • Kolam renang anak di dekat pantai
         Kalau di pantai anak-anak dilarang berenang, karena memang ombaknya lumayan besar, maka jangan khawatir, anak-anak dapat berenang di kolam renang anak yang ada di sekitar lokasi pantai dengan hanya membayar biaya mandinya saja 5000/anak, mereka bisa berenang sepuasnya
  • Pasar Malam
        Pasar yang menjual aneka mainan anak dan souvenir khas kebumen. Ini biasanya buka pada saat liburan seperti liburan nasional, hari minggu atau liburan lebaran. Selain itu juga ada wahan permainan, seperti kereta keliling, biang lala dsb
  • Warung makan
         Kuliner yang khas di pantai bocor adalah pecel dengan rempeyeknya dan sate ayam besert ketupatnya. ini sangat nikmat sambil memandang lepas laut yang indah

Pantai Bocor 
Kolam Renang anak
Fokus sama lautnya ya...pliss


2. Pantai Suwuk














Pantai Suwuk terletak di kecamatan Puring. Ini merupakan Destinasi wisata baru pantai di Kebumen. Meskipun baru, tetapi setiap liburan selalu ramai dikunjungi wisatawan lokal kebumen dan sekitarnya. Tetapi kalau hari biasa cenderung sepi, saat kami kesana hari kerja ,kami sangat menikmati keindahan pantai ini, seolah private beach. Saya dan anak-anak puas bermain di tepi pantai, dilanjutkan berenang di kolam renang yang ada di sekitar Pantai. Uniknya Kolam renang anak ini di desain dari pesawat terbang. Ini pesawat beneran lho...pesawat Garuda Boing 737 yang sudah tidak terpakai. Jadi kita dapat masuk ke dalam pesawat atau hanya berenang di bawahnya. Tetapi ada biaya tiket masuknya masing-masing Rp 15.000/anak balita + 1 pendampingnya untuk masuk ke kolam renang, sedangkan untuk masuk ke dalam pesawat juga dikenakan biaya Rp 15.000,-/orang. Total biaya ke kolam renang dan pesawat terbang Rp 30.000,-. Menurutku ini agak sedikit kemahalan untuk wisatawan lokal kebumen yang peminatnya masih kebanyakan warga masyakarat kebumen.  Tetapi jangn khawatir, kalau mau berenang di kolam renang biasa juga tersedia di sekitar pantai yang hanya membayar tiket 5000/anak.Kalau ada yang mau menikmati pantai menggunakan kapal motor juga ada dengan biaya 10000/orang dapat berkeliling pantai suwuk sampai dengan pantai karang bolong, yang memang lokasinya tidak jauh dari pantai suwuk ini.
Atau yang suka berkuda sambil menyisir pantai juga tersedia. Mau wisata kuliner juga ada, bahkan ada semacam restoran di dekat kolam renang pesawat, menu nya dari yang tradisional, seperti Mendoan, Bakso sampai fried Chicken juga ada.
Pokoknya lengkap deh, 

Saya ke pantai paling suka saat sunset n sunrise...itu indaaah banget...Subhanalloh, ciptaan Alloh ya..

Kalau kalian bagaimana....? Ayo tentukan destinasi wisata kalian 






3 comments:

  1. Sejauh ini taunya pantai karang bolong, belum pernah diajak Ke pantai suwuk sama bocor. Kampung ibu saya nih hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo coba kesana...pantai suwuk deket loh dari pantai karang bolong

      Delete
  2. Dear sister Siti,
    Salaam! If you love blogging competitions, we are inviting you to join our blog contest: http://www.muslimweddingideas.com/giveaway.
    We have 21 prizes, which include dresses, hijabs, jewellery, art, voucher etc and almost all are open to international contestants.
    Kindly have a look - thank you! :)

    ReplyDelete