Wednesday, October 7, 2015

Tips Diet Sehat Secara Islami

 Suatu hari....
"Sayang...kuperhatikan akhir-akhir ini baju yang kamu pakai makin kelihatan sempit ya , itu baju lama yang dipakai atau badanmu yang memang makin melar ?? " kata seorang suami kepada istrinya
"ini bukan baju lama, memang sekarang aku tambah gemuk banget ya.." Jawab sang istri sambil manyun-manyun
"iya..nanti aku mau diet deh " kata sang istri sambil ngeloyor pergi dan langsung browsing di internet mencari tips diet 
Itu sepenggal percakapan seorang teman yang diceritakan kepadaku, yang akhir-akhir ini dia lagi diet habis-habisan. padahal yang kutahu, dia hobi makan. Meskipun kalau kulihat badannya tidak terlalu gemuk sih, tetapi tidak bisa dibilang proposional :).
Kenapa ya perempuan langsung kebakaran jenggot...#eh, ga punya jenggot ding :)  kalau ada yang mengomentari size badan nya, apalagi sang suami yang komentar, kalau saya jadi temenku, juga pasti akan diet habis-habisan. Alhamdulillah, sampai hari ini belum pernah dibilang gendut sama suami, tetapi saya sudah merasa sendiri sih :)
Sebenarnya seorang muslimah juga perlu tampil cantik lho...khususnya di depan suami. Jadi bukan hanya artis atau fotomodel yang perlu menjaga bentuk tubuh, tetapi kita juga perlu untuk menyenangkan suami kan...Salah satu kriteria istri solehah antara lain dapat tampil menyenangkan di depan suami .
Sekarang banyak metode diet yang populer akhir-akhir ini antara lain :

1. Diet OCD   Metode diet yang dikembangkan oleh Dedy Corbozier ini tidak membatasi makanan apapun, asalkan jangan terlalu berlebihan.Pelaku diet yang menerapkan metode ini bisa makan selama 4, 6, bahkan 8 jam, asalkan setelah itu  tidak diperkenankan makan apapun kecuali minum air putih. ini mirip puasa ya
2. Diet Mayo 
Pelaku Diet tidak mengkonsumsi garam sama sekali dalam makanannya atau makanan yang asin.Jadi makanan diolah hanya dengan di rebus, dikukus atau dipanggang. Dan ada jangka waktunya, misalkan selama 13 hari pelaku diet tidak makan yang mengandung garam dan harus disiplin, misalkan hari ke-10 melanggar, atau makan yang asin. Maka harus diulang lagi dari awal. wuih...susahnya ya. Oiya makan malam juga tidak boleh lebih dari jam 18.00 Wib, serta minum air putih minimal 8 gelas per hari. Metode ini cukup sekali dilakukan dalam setahun, asalkan setelah itu makan tidak berlebihan. Katanya sih berhasil...#saya belum pernah coba
3. Diet Pisang 
Metode Diet ini berasal dari Jepang atau dikenal Morning Banana Diet. Yaitu selalu makan pisang setiap hari, sebelum sarapan, setelah makan siang atau makan malam. Maksimal makan pisang 5 buah per hari. Perbanyak minum air putih, kurangi makanan berlemak & karbo hidrat, dan istirahat yang cukup. Dengan sering makan pisang, akan membuat cepat kenyang sehingga asupan makanan ga bnyak yang masuk
4. Diet Food Combaining
    Metode diet food combaining ini membatasi jenis dan jumlah asupan makan, pada umumnya yang alami seperti buah dan sayuran

Nah itu beberapa metode diet yang lagi populer dan saya yakin masih banyak yang lainnya, sudah ada yang pernah coba ....??
tetapi bagi kita muslimah sebaiknya mengikuti pola hidup yang sehat secara islami.
http://kartun.co/koleksi-gambar-kartun-islami-terbaru.html
Berikut Tips Diet Sehat secara islami :
1.   Makanan
Sebagaimana dalam surat Al Baqarah 168 yang artinya
"Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan; karena sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagimu "
Makanan yang dimakan haruslah halal dan thayib (baik) yang bersih, sehat dan bergizi.
Pola makan juga harus dijaga, seimbang dan tidak berlebihan, makanlah pada saat lapar dan berhentilah makan sebelum kenyang. Rasulullah mengajarkan agar makan jangan sampai kekenyangan ,perut diisi 1/3 makanan dan 1/3 airminum serta 1/3 udara.
Perut dalam keadaan kenyang akan membuat orang malas bergerak, bekerja, maunya langsung tidur kan...nah ini bisa menjadi kegemukan, bukan hanya itu kalau habis makan kenyang dan tidur tidak baik buat kesehatan jantung juga
Menu makan juga diperhatikan, hindari terlalu banyak daging dan makanan yang panas, konsumsi kurma dan madu; dua hal ini sangat baik untuk kesehatan.
Adab makan juga diperhatikan; seperti posisi tubuh tegak, jangan bersandar karena dengan posisi tegak makanan akan lebih mudah turun ke lambung. Rasulullah bersabda, “Sesungguhnya aku tidak makan dengan bersandar.” . Sebelum dan setelah makan jangan lupa berdoa, agar makanan yang kita makan bermanfaat buat kesehatan tubuh kita sekaligus mensyukuri nikmat yang telah kita terima
2. Berpuasa
.Berpuasa bagi umat islam selain meningkatkan ketaqwaan kita juga bermanfaat buat kesehatan. Rajinlah puasa sunah; seperti puasa senin kamis, puasa 3 hari di tengah bulan hijriyah, puasa Daud. Tetapi sekali lagi niatnya jangan untuk diet ya...tetapi karena Alloh ta'ala
3. Sholat
Lakukan sholat wajib dan sholat sunah secara istiqomah, dalam sholat banyak gerakan yang baik buat kebugaran tubuh kita. Ini seperti olahraga kan...
4. Olahraga  
Dalam islam juga sangat di anjurkan untuk berolahraga ; ada 3 macam olahraga yang saranakan Rasulullah yaitu Berkuda, Memanah dan Berenang. Olahraga yang dilakukan secara rutin dapat memperkuat daya tahan tubuh. Kalau tidak sempat olahraga, minimal membiasakan berjalan kaki; kalau misalnya jarak rumah dan kantor hanya 50 m, biar sehat, sekaligus membakar kalori lebih baik berjalan :)
5. Positiv Thinking  
Hal ini juga dianjurkan dalam islam, untuk selalu berpikir positip, jangan mudah berprasangka buruk. Tidak mudah marah atau iri dengki. Agar pikiran kita juga jernih, kalau pikiran sehat maka badan tidak mudah terserang penyakit.
"Tak boleh bersikap iri kecuali dalam dua hal. Pertama terhadap orang yang memiliki kekayaan dan mempergunakannya untuk menegakkan yang haq. Kedua terhadap orang yang memiliki pengetahuan dan rajin menyebarkannya pengetahuannya itu kepada orang banyak" (HR.Bukhari)
Jadi selalu bersyukur dengan apa yang kita terima, termasuk dengan ukuran badan kita :)
6. Disiplin dan Konsisten
Berbagai metode diet yang telah dilakukan, hendaknya disiplin dan konsisten. Atau dalam istilah islam harus istiqomah. seperti dalam sebuah hadist yang artinya 
" Dari Aisyah r.a. berkata : Nabi pernah ditanya :”Manakah amal yang paling dicintai Allah? Beliau bersabda :”Yang dilakukan secara terus menerus meskipun sedikit”. Beliau bersabda lagi :”Dan lakukanlah amal-amal itu, sekadar kalian sanggup melakukannya.” (HR. Bukhari)
7. Niat
 The last but not Least
Segala sesuatu perlu niat agar lebih fokus, apabila niat kita bersungguh-sungguh untuk hidup sehat karena Alloh  insyalloh segala kendala dapat di atasi. Dalam sebuah hadist bahwa "segala amal tergantung niatnya"

So...Ayo hidup sehat secara islami :)

 

 








13 comments:

  1. Banyak makan y macem2 diet. Yg lebih nyaman tentu mengaplikasikan metode islami :)

    ReplyDelete
  2. Banyak makan y macem2 diet. Yg lebih nyaman tentu mengaplikasikan metode islami :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. he..he..bener mba, kl kata ustadz "lebih afdhol"

      Delete
  3. aku mah cukup puasa mba... udh lgs turun Berat bdn... malah shrsnya yg aku butuhin itu cara menggemukkan bdn :D.. susah bgt itu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wuiih...asyik tuh...mau makan berapa banyak, ga perlu mikir gemuk :)

      Delete
  4. bener juga ya, banyak orang yang susah-susah cari cara diet, padahal dalam islam semua itu sudah diajarkan dan bahkan lebih mudah, dapat pahala lagi. makasih infonya mbak :)

    ReplyDelete
  5. Sekarang sudah gak pake diet Mbak aku hehehe, tapi boleh dicoba nih tipsnya. Makasih mbak

    ReplyDelete
  6. Tips nya sangat bermanfaat mbak, tapi kalau saya nih malah pengen gendut, walau sudah banyak makan tapi tetap saja berat badan saya 50kg, berasa kurus bingitz, hiks..hiks...

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu yang dicari banyak perempuan mba...makan banyak ga perlu mikirin berat badan :)

      Delete
  7. Please enter any desired notations for Media Services employees before urgent “Queue”. Please embody class and deadline Adjustable Open Toe Slippers data for any tutorial project you want to|you want to} expedited. You will obtain e mail confirmations when your job is started and successfully completed.

    ReplyDelete